Durasi penggunaan sosial media oleh remaja Indonesia

Februari 16, 2015 By Admin

Pada tahun 2014 menurut survey yang dilakukan oleh wearesocial.org.sg tercatat bahwa jumlah pengguna social media di Indonesia sudah mencapai 15% penetrasi nya dari total populasi, dan 74% nya diakses secara mobile melalui smartphone. Hal ini dikuatkan dengan kenyataan bahwa pertumbuhan penjualan smartphone di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara negara-negara kawasan, presentasenya bisa mencapai 70%. Tidak heran apabila kompetisi di Indonesia cukup ketat walaupun masih memberikan kesempatan untuk dapat tumbuh lebih besar lagi, karena di Pasar sendiri saat ini smartphone dijual dari mulai harga 500 ribu, yang tentunya dapat menjangkau segmen menengah ke bawah.
Kondisi ini tanpa sadar sedikit demi sedikit mulai mengubah gaya hidup pengguna internet, karena Social Media dapat menghapus batasan-batasan dalam bersosialisasi, seperti tidak ada batasan antara ruang dan waktu, kapan pun dan dimanapun pengguna dapat selalu berkomunikasi. Selain itu, semakin banyak pengguna yang aktif untuk curhat baik tentang kehidupan aktifitas sehari-hari, kondisi politik, kreatifitas dan bisnis.
Rata-rata setiap hari nya pengguna menggunakan waktunya ± 2 jam 54 menit untuk mengakses Social Media. Itu baru yang dihitung secara rata-rata, dan tidak sedikit apabila kita melihat sekitar bahwasanya ada juga yang tidak sanggup menahan untuk tidak membuka smartphone hanya untuk melihat-lihat notofokasi selama lebih dari 5 menit, betul tidak?
Efek yang ditimbulkan, dari perubahan gaya hidup tersebut adalah semakin tingginya minat pengguna untuk lebih eksis dan berujung pada pencitraan. Dan infromasi akan beredar lebih cepat, semakin sensitif terhadap informasi dan issue yang sedang terjadi. /arish


Komentar Pembaca